UTU Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN

UTU Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN

BASAJAN.Net, Meulaboh-  Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, melakukan sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Barat Selatan (Barsela) Aceh.

Roadshow yang berlangsung 14 sampai 18 Januari 2019 tersebut meliputi, Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Simeulue dan Aceh Singkil.

SNMPTN dan SBMPTN merupakan bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Kegiatan SNMPTN dan SBMPTN UTU, Alfizar mengatakan, mekanisme penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, sebut Alfizar, jalur SNMPTN dilakukan melalui mekanisme Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang dilaksanakan 13 April sampai 26 Mei 2019.

UTBK memberikan kesempatan lebih besar bagi calon mahasiswa untuk diterima pada program studi yang diinginkan.

“Karena dalam tes ini, calon mahasiswa dapat mengikuti tes sebanyak dua kali,” ujar Alfizar.

Sementara itu, Rektor UTU Jasman J. Ma’ruf mengingatkan, agar seluruh sekolah untuk terus melakukan pengisian Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).

PDSS adalah sistem informasi penyimpanan data nilai rapor siswa dalam rangka pendaftaran SNMPTN. Pengisian PDSS wajib dilakukan oleh seluruh siswa sekolah yang berniat untuk mengikuti SNMPTN 2019.

“Jadi, bagi yang tidak mengisi PDSS, maka tidak akan bisa mengikuti SNMPTN dan siswa juga akan mengalami kerugian karena tak memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan koreksi nilai rapor,” papar Jasman.

Tahun 2019, UTU menerima 1.890 mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yaitu SBMPTN, SNMPTN dan Mandiri. Untuk SNMPTN, diperkirakan dilaksanakan awal Juli mendatang.[]

 

EDITOR : JUNAIDI MULIENG

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan