Tanaman Padi di Aceh Barat Terserang Hama Ulat

Tanaman Padi di Aceh Barat Terserang Hama Ulat
Warga menunjukkan daun padi yang dimakan ulat di Gampong Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Foto direkam Senin, 7 Januari 2019. (BASAJAN.Net/Revina Rahayu).

BASAJAN.Net, Meulaboh- Tujuh puluh hektar tanaman padi milik warga di Desa Ranto Panyang Timur dan Ranto Panyang Barat, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, terserang hama ulat. Kondisi ini telah terjadi dalam sebulan terakhir dan membuat petani resah.

Arman, petani di Desa Ranto Panyang Timur, Senin, 7 Januari 2019 mengatakan, hama ulat yang menyerang tanaman padi tersebut telah coba diatasi dengan cara disemprot menggunakan glido dan beberapa jenis pestisida lainnya.

“Cara satu-satunya ya disemprot untuk mencegah semakin banyak tanaman padi yang dimakan ulat,” ujarnya.

Teungku Dahliah, warga lainnya mengatakan, sejak hama ulat menyerang, pertumbuhan batang padi jadi terganggu. Tanaman padi rata-rata berusia hampir dua bulan itu menjadi lebih pendek dari biasanya.

“Gara-gara terserang hama ulat, padi tumbuhnya pendek. Bahkan, bisa mati jika terus-terusan dimakan ulat,” ungkapnya.

Ia tak mengetahui pasti penyebab hama ulat tersebut. Ulat putih kehijauan itu secara merata menyerang tanaman padi warga di wilayah tersebut. Warga berharap adanya perhatian pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut.[]

 

KONTRIBUTOR: REVINA RAHAYU

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan