Mahasiswa STAIN Dikenalkan Dunia Kerja

Mahasiswa STAIN Dikenalkan Dunia Kerja

BASAJAN.Net, Meulaboh – Guna menyiapkan Alumni yang berkualitas dan mampu bersaing di Era 4,0, Mahasiswa Akhir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh dikenalkan dunia kerja, Senin, 30 Januari 2019.

Pengenalan tersebut dilakukan pada kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang diikuti oleh 165 mahasiswa Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan Sepuluh mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam di Aula Kampus setempat.

Turut hadir Kepala Pegadilan Negeri Meulaboh, Zulfady. Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Meulaboh, Budi Setiawan dan Pimpinan Bank Rakyat Indonesia Cabang Meulaboh, Muchlis Ilyas sebagai Pemateri pembekalan PPL Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam.

Sedangkan Pemeteri pembekalan PPL Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam diisi oleh Pengurus SOS Desa Taruna Lapang Iwan Doa Sampena dan Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Barat, Amril Nuthihar, serta Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Syibran Mulasi.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah mengatakan, untuk mengahadapi persaingan di era 4,0, pihak kampus harus mampu menciptakan Alumni yang berkualitas dan profesional melalui beberapa program kampus, antaranya menyelenggarakan Magang/PPL, Bahasa Asing, Kurikulum, serta meningkatkan Kompetensi dan Kerjasama Industri.

“Menghadapi revolusi industri 4.0 tentu bukan hal mudah dan persaingan dunia kerja semakin ketat. Maka dari itu pihak kampus harus mampu menjalankan program tersebut dengan sebaik mungkin,” tambah Inayati saat memberi kata sambutan pada pembukaan Pembekalan PPL.

Inayati berharap, nantinya mahasiswa yang mengikuti Magang/PPL mengasah dan mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bidang ilmunya.

Sementara itu Kepala Pengadilan Negeri Meulaboh, Zulfadly dalam arahannya mengatakan kompetensi yang harus dimiliki oleh para alumni harus menguasai ilmu sesuai dengan bidang ilmunya. Seperti halnya alumni Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam yang nantinya bergelut dengan masalah hukum.

“Kompetensi yang dimiliki oleh seorang Alumni menentukan peluang untuk bekerja,” tegasnya.

Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Amrizal Hamsa menyampaikan, pembekalan penting dilakukan bagi mahasiswa sebelum ditempatkan pada instansi mitra kerja.

“Selain bagian dari mata kuliah wajib, PPL merupakan pintu untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja,” ungkap Amrizal.[]

 

WARTAWAN : ARISKI SEPTIAN

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

 

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan