Kemenag RI Programkan Enam Sasaran Stategis

Kemenag RI Programkan Enam Sasaran Stategis
Foto : rakyatmedan.com

BASAJAN.Net, Meulaboh – Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menggariskan enam sasaran strategis program Kemenag tahun 2019 dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pelayan publik, Kamis, 03 Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melalui pidatonya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam pada Upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ke-73 di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh.

Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, memasuki Tahun 2019, Kemenag telah memprogramkan enam sasaran strategis yakni, meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan,

“Meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama,” lanjutnya.

Lukman berpesan, enam sasaran tersebut harus mampu dicerminkan oleh Kemenag pusat maupun daerah dalam penyusunan program kerja. Selain itu, Kemenag juga perlu menyuarakan lebih nyaring di ruang publik terhadap pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa.

“Toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap (menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain. Sementara moderasi beragama merupakan upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem. Sedangkan pembangunan akhlak yaitu aspek yang sangat fundamental sebagai pilar utama keadaban bangsa, agar kita semua tidak tercerabut dari fitrah kemanusiaan kita,” jelasnya.[]

 

 

WARTAWAN : RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan