STAIN Meulaboh Miliki Pustaka Digital

STAIN Meulaboh Miliki Pustaka Digital

BASAJAN.Net, Meulaboh – Sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca civitas akademika, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh meluncurkan aplikasi E-Library (perpustakaan digital) di aula kampus setempat, Jumat, 14 Desember 2018.

Kepala UPT Perpustakaan STAIN, Ayuningtyas mengatakan, hadirnya E-Library STAIN TDM merupakan satu inovasi yang dikembangkan perpustakaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk mendongkrak minat baca di kalangan mahasiswa dan dosen.

“Kini membaca bisa semakin menyenangkan. Kapan saja dan di mana saja, referensi-referensi di perpustakaan bisa diakses dengan mudah,” ungkapnya.

Dian menjelaskan, E-Library STAIN TDM tersedia dalam dua versi, yakni android dan windows. Untuk versi android, dapat diunduh pada Google Playstore dengan mengetik “E-Library STAIN TDM” pada tombol pencarian. Sedangkan untuk versi windows, yang digunakan pada perangkat laptop atau komputer, dapat diakses pada link http://kubuku.id/download/stain-teungku-dirundeng-meulaboh-aceh-barat/.

Dian menyampaikan, bahan bacaan yang terdapat di E-Library STAIN TDM juga bisa diakses secara bebas oleh masyarakat umum.

“Kami ingin masyarakat kita teredukasi dengan literasi digital ini. Semoga Aplikasi ini dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun masyarakat untuk mengakses bahan bacaan” sambungnya.

Peluncuran E-Library STAIN TDM, dilakukan langsung oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Syamsuar. Turut hadir dosen dan mahasiswa, perwakilan pengelola perpustakaan daerah, sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Meulaboh.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Syamsuar menyambut baik hadirnya E-Library STAIN TDM. Menurutnya, hadirnya perpustakaan digital merupakan bentuk kemajuan yang dialami kampus.

Syamsuar mengatakan, Perpustakaan digital STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh akan terus dikembangkan untuk menyempurnakan kebutuhan masa mendatang, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang ada di Barat Selatan Aceh.

“Kita berharap, lima tahun ke depan  STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Aceh, sekaligus menjadi Perguruan Tinggi Islam berbasis teknologi,” ungkap Syamsuar.

Hadirnya perpustakaan digital STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh membawa dampak positif bagi mahasiswa.

“Kehadiran E-Library STAIN TDM akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan tentunya lebih mudah untuk membaca buku,” ujar Cut Neli Wahyuni, mahasiswi semester akhir yang saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir. []

 

Editor : Rahmat Trisnamal

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan