Guru PAI Se-Banda Aceh Dilatih Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Guru PAI Se-Banda Aceh Dilatih Teknis Pengelolaan Perpustakaan
Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Fauzi Ismail saat memberi sambutan sekaligus membuka pelatihan pengelolaan perpustakaan bagi guru PAI se Banda Aceh, Rabu 19 Desember 2018, di kampus setempat. BASAJAN.Net/Istimewa

BASAJAN.Net, BANDA ACEH- Sebanyak 40 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se Kota Banda Aceh dibekali dan dilatih teknis pengelolaan perpustakaan di Fakultas Adab dan Humaniora dan UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 19-22 Desember 2018.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fauzi Ismail mengajak para guru dan pengelola perpustakaan untuk peka terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

“Mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat, para pengelola perpustakaan juga dituntut untuk mengembangkan kompetensi khususnya di bidang teknologi dan informasi sehingga gagap teknologi,” kata Fauzi Ismail, dalam siaran pers Jumat, 21 Desember 2018.

Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nurhayati Ali Hasan, selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, selama empat hari peserta akan dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan mulai dari manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan, Trend perpustakaan berbasis digital di sekolah, pengolahan bahan pustaka (inventaris, klasifikasi, katalogisasi), dan teknologi informasi di perpustakaan.

Sedangkan dihari terakhir, kata Nurhayati para peserta dibekali dan dilatih tentang membangun automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS oleh dosen dan alumni Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC).

“Setelah kegiatan ini kita berharap Perpustakaan sekolah lebih diperhatikan, para peserta pelatihan diharapkan lebih bertanggungjawab mengelola perpustakaan dengan baik. Guru yang diperbantukan di perpustakaan, yang sebelumnya kurang paham tugasnya, sudah harus mampu membenahi perpustakaan setelah pelatihan ini,” katanya disela-sela kegiatan berlangsung.

Pelatihan yang diprakarsai oleh Aceh Library Consultant (ALC) bersama Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Aceh yang diperuntukkan untuk pengelola dan pustakawan sekolah se kota Banda Aceh menghadirkan pemateri dari dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, masing-masing, Khatib A.Latief, Nurhayati Ali Hasan, Mukhtaruddin, Zubaidah, Abdul Manar, Suherman, Nazaruddin dan team Aceh Library Consultant.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan