KIP Sosialisasi Pemilu untuk Disabilitas

KIP Sosialisasi Pemilu untuk Disabilitas

BASAJAN.Net, Meulaboh- Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat melakukan sosialisasi bagi disabilitas, kaum perempuan dan pemilih pemula. Kegiatan yang diikuti 70 peserta tersebut, berlangsung di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Aceh Barat, Sabtu, 10 November 2018.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, T. Novian Nukman mengatakan, seluruh elemen masyarakat memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2019, termasuk disabilitas, kaum perempuan dan pemilih pemula.

“Pemilu adalah sarana bagi masyarakat untuk memberikan “mandatnya” kepada siapa pun yang dipercaya,” ujarnya.

Novian berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi pendidikan politik bagi masyarakat, khususnya disabilitas, kaum perempuan dan pemilih pemula. Sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019.

“Sehingga adanya kesadaran untuk menggunakan hak suara pada 17 April 2019 mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner KIP Aceh Barat divisi SDM dan Parmas, Saiful Asra menyampaikan, pemilih perempuan mempunyai kontribusi besar dalam menyukseskan pemilu 2019. Pihaknya mengupayakan Pemilu 2019 bisa inklusif untuk semua.

“Tanpa membeda-bedakan siapa pun dan apa pun,” kata Saiful.

Selain disabilitas, kegiatan tersebut juga dikuti oleh perwakilan Presma/BEM se Aceh Barat, KNPI, OKP, pemilih pemula dan perempuan di Aceh Barat. Adapun materi, disampaikan oleh Komisioner KIP Aceh Barat dan Kadis DP3AKB Aceh Barat, Ena Herisna.[]

 

Wartawan: Meria Ulfa

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan