Bupati Aceh Barat Minta 50 Persen Dana Otsus

Bupati Aceh Barat Minta 50 Persen Dana Otsus
Bupati Aceh Barat Ramli MS

BASAJAN.Net, Meulaboh- Bupati Aceh Barat Ramli MS, meminta 50 persen dana otonomi khusus (Otsus) Aceh diberikan kepada Kabupaten Aceh Barat. Dari jumlah tersebut, 30 persennya akan digunakan untuk pengembangan pembangunan di sektor pertanian.

“Bek cilet-cilet (jangan main-main) dalam membangun serta mengembangkan sektor pertanian,” ujar Ramli pada saat pembukaan Jambore Penyuluh Pertanian ke II tingkat Aceh, Minggu 4 November 2018.

Ramli menyebutkan, selama ini insinyur pertanian Aceh Barat gagal dalam mensejahterakan masyarakat, dikarenakan kekurangan dana. “Saat ini Aceh masih impor beras, artinya sektor pertanian di Aceh dapat dikatakan gagal,” ungkapnya.

Pembukaan Jambore Penyuluh Pertanian ke II tingkat Aceh yang berlangsung di halaman Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aceh Barat tersebut turut dihadiri Plt Gubenur Aceh Nova Iriansyah, Bupati Aceh Barat Ramli MS, Gubenur Kalimantan Timur Isran Noor. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian RI, Momon Rusmono. Ketua KTNA Pusat, Ketua DPRA Aceh, Komandan Korem 012/Teuku Umar, Bupati dan Walikota se-Aceh. Kepala Pertanian dan Pertenakan Aceh, Ketua DPW Pertanian Aceh, serta ribuan penyuluh dari berbagai kabupaten di seluruh Aceh.

Plt Gubenur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya menyampaikan, penyuluh adalah para pejuang sesungguhnya yang selalu konsisten dalam kesejahteraan rakyat, serta banyak membantu mewujudkan kesejahteraan para petani di Aceh.

“Hal ini sangat penting karena 43,71 persen penduduk Aceh bermata pecaharian sebagai petani, baik petani tanaman pangan, holtikultural, pertenakan dan juga nelayan,” sebutnya.

Nova berharap, para penyuluh sanantisa selalu bersemangat dalam mewujud Aceh yang mandiri di sektor pangan, sesuai dengan program Aceh meugoe, Aceh troe. “Sehingga pada tahun 2019, Aceh bisa mandiri di sektor pangan,” harapnya.[]

 

Wartawan: Muhammad Ikhsan

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan