Kurang Tidur Pengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa

Kurang Tidur Pengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa

BASAJAN.Net, Meulaboh- Bagi mahasiswa yang sering tertidur di kelas akibat kurang tidur dan ingin mendapatkan nilai bagus, sebaiknya hindari begadang dan tidak mengambil kelas pagi. Mengapa? Karena menurut penelitan terbaru, kurang tidur akan berdampak buruk bagi hasil akademik.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa menurunnya prestasi akademik yang disebabkan oleh kurang tidur, sama seperti efek dari mengonsumsi minuman keras dan narkoba.

Setidaknya satu kali dalam setiap minggu, mahasiswa mengalami gangguan tidur. Hal ini berdampak pada penurunan indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 0,02 poin dan meningkatkan risiko kegagalan dalam mata kuliah sebesar 10 persen.

“Mahasiswa yang memiliki jam tidur rutin yang baik, memiliki nilai IPK lebih tinggi sebanyak 0,14 poin dibandingkan dengan mahasiswa yang selalu kurang tidur,” ucap J. Roxanne Prichard, Direktur Penelitian di Universitas St. Thomas di Saint Paul, Minnesota.

Kesimpulan ini didapatkan setelah para peneliti melibatkan 55.322 mahasiswa melalui survei yang dilakukan pada tahun 2009.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, mahasiswa semester awal adalah yang paling sering mendapatkan dampak kesulitan tidur, yakni nilai yang buruk. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki risiko gagal dalam perkuliahan sebesar 14 persen.[]

 

Sumber: Nationalgeographic

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan