Jangan Dibuang, Air Beras Miliki Banyak Manfaat

Jangan Dibuang, Air Beras Miliki Banyak Manfaat
Ilustrasi air beras (iStockphoto)

BASAJAN.Net, Meulaboh- Bagi sebagian masyarakat Indonesia, menggunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman adalah hal yang biasa. Air beras diyakini memiliki gizi yang baik untuk tanaman.

Namun tahukah Anda, bahwa air beras juga memiliki khasiat bagi wajah. Bahkan, saat ini sudah tersedia berbagai produk kecantikan yang menawarkan beras sebagai bahan utamanya. Apa saja khasiat air beras untuk wajah?

Air beras baik untuk menghilangkan wajah kusam dan memudarkan flek hitam pada wajah. Bagi Anda yang aktif di luar ruangan, sering terpapar sinar matahari dan polusi, memiliki flek pada wajah, wajah yang berjerawat atau bruntusan, dan takut untuk menggunakan krim pemutih, cobalah untuk membuat masker berbahan air beras yang diendapkan selama 1 – 2 jam.

Endapan air beras akan mengeluarkan sari pati beras yang nantinya dapat dioleskan pada wajah selama 5 – 10 menit (hingga kering). Air beras diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen kulit sehingga sangat baik untuk memperbaiki kulit yang rusak.

Selain masker, air beras juga dapat dijadikan sebagai pembersih wajah (toner) sehari-hari. Jika kulit Anda sedang berjerawat, Anda dapat mencobanya dengan mengganti pembersih wajah biasanya dengan air beras yang telah dibersihkan dari kotoran sebelumnya.

Air beras kaya akan asam ferulic, yang kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Menurut Ahli Gizi, Leona Victoria Djajadi yang dikutip dalam jurnal Khairun Nisa berjudul “Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah”, air beras yang mengandung pati memiliki manfaat luar biasa bagi wajah. Butiran pati halus dapat merontokkan debu dan sel kulit mati serta meregenerasikannya. Hal ini dapat terjadi berkat asam amino esensial.

Selain merontokkan dan meregenerasi kulit mati, zat oryzanol berfungsi untuk mencerahkan wajah, memperbarui pembentukan dan perkembangan pigmen melanin (yang menangkal sinar UV).

Ada pula vitamin E murni yang mengandung tokoferol dan tokotrienol, gamma-oryzanol, dan ceramide yang juga baik bagi kesehatan—karena kaya akan antioksidan untuk melindungi kulit dari sinar UV dan penuaan dini.

Di India, praktisi ayurvedic dijadikan sebagai salep untuk menyembuhkan permukaan kulit yang meradang (Umadevi et al., 2012).

Gamma-oryzanol yang berasal dari minyak bekatul berfungsi sebagai sumber tenaga dan antikanker. Zat ini dapat menyerap kolestrol jahat berlebih dalam darah. Gamma-oryzanol melindungi kerusakan pada DNA kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, dan mencegah kerusakan kolagen dan elastin yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Jika Anda memiliki masalah pada kulit namun takut untuk memakai produk kecantikan berbahan dasar kimia, Anda dapat mencoba tips ini.

 

Sumber: Nationalgeographic

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan