Dosen Fisip UTU Pemateri Penguatan Pendidikan Karakter

Dosen Fisip UTU Pemateri Penguatan Pendidikan Karakter

BASAJAN.net, Meulaboh- Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, khususnya penguatan pendidikan bidang studi Pancasila dan Kewarganegaraan, sejumlah pendidik dan peserta didik mengikuti kegiatan peningkatan mutu proses belajar mengajar dan penguatan pendidikan karakter di MTSN 3 Meulaboh, Kamis, 12 September 2018.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, kreativitas dan inovatif, serta penguatan pendidikan karakter,” ujar Said Fadhlain, pemateri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (Fisip-UTU).

Said Fadhlain menyampaikan, antusiasme para murid dan guru dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari adanya interaksi serta atraktifnya para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang disampaikan oleh pemateri. Khususnya dalam pemahaman, pendalaman, serta problem solving terhadap materi pembelajaran dengan inovasi dan kreatifitas yang dipandu oleh pemateri.

“Nilai-nilai yang menjadi materi dalam kegiatan ini antara lain tentang saling tasamuh ataupun toleransi, saling memberikan apresiasi, taat asas yang dilandasi prosedural tentang demokrasi, nasionalisme dan patriotisme, serta team work atau semangat gotong royong,” terangnya.

Menurut Said Fadhlain, Universitas Negeri Teuku Umar Meulaboh, dalam rangka menyahuti instruksi pemerintah tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), melalui UPT Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) telah bersinergi untuk Penguatan Pendidikan Karakter bagi pengajar dan peserta didik baik tingkat pendidikan tinggi hingga pendidikan menengah dan dasar.

“Sehingga nantinya ada kelanjutan berbasis pemahaman dan pendalaman, inovasi dan kreativitas oleh para peserta didik dalam menekuni tingkat pendidikan yang dijalaninya,” paparnya. 

Said menambahkan, para dosen MKWU selain mengikuti pertemuan penguatan dosen Pancasila se Indonesia di istana Bogor, juga secara berkala mengikuti bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti untuk para dosen pemula pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

“Ada agenda tahunan Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan, yang diawali pelaksanaannya tahun 2017, diikuti oleh para murid/siswa menengah atas yang tersebar di kabupaten Aceh Barat, Aceh jaya dan Nagan Raya,” kata Said.

Kepala Sekolah MTSN 3 Meulaboh, Munawar Al Khalil berharap, ke depan dapat meningkatkan kerjasama dalam bentuk MoU antara MTSN 3 Meulaboh dengan kampus Universitas Negeri Teuku Umar (UTU).

Pandangan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Ikatan Alumni MTSN 3 Meulaboh (IKA3M), Samsul Bahri. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini merupakan apresiasi para alumni kepada lembaga madrasah tsanawiyah, tempat para alumni menimba ilmu pengetahuan saat dibangku sekolah menengah. Sehingga dapat diimplementasikan menjadi program unggulan kepengurusan IKA3M.

“Ke depan akan kita lanjutkan dengan penguatan dan peningkatan mutu proses pembelajaran bidang studi lainnya termasuk agama, saintek atau eksakta, ilmu sosial, bahasa dan humaniora, serta kreativitas siswa dalam kewirausahaan. Untuk kegiatan awal ini bertindak sebagai pemateri adalah ketua umum IKA3M yang juga dosen UTU,” ucapnya.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari para murid kelas IX F serta didampingi oleh guru pengasuh bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Aja Syarifah Asmaria. Turut hadir dalam sesi pembukaan kepala sekolah dan pengurus IKA3M.


Editor: Mellyan

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan