Seksi PAI Kemenag Lakukan Sosialisasi Simpatika

Seksi PAI Kemenag Lakukan Sosialisasi Simpatika

BASAJAN.net, Meulaboh – Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat mensosialisasikan Updating Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), Selasa, 14 Agustus 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MAN 1 Aceh Barat tersebut dihadiri oleh 135 Guru PAI dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK dilingkungan Kabupaten Aceh Barat.

Pelaksana Harian Kepala Seksi PAI, Ikhwan Is mengatakan, acara tersebut bertujuan memberikan penjelasan kepada Guru PAI untuk mengaktifkan Akun PTK Simpatika.

“Guru PAI harus mengaktifkan akun PTK pribadi mereka pada setiap semester, jika tidak, tidak tutup kemungkinan akunnya akan hilang,” tambah Ikhwan.

Selain itu Ikwan menjelaskan, pemenuhan jam mengajar guru PAI pada akun PTK Simpatika masih menggunakan kurikulum KTSP dan K13.

“Terkait Kurikulum Aceh belum bisa kita berlakukan, karena pihak Kemenag Aceh Barat belum menerima juknis resmi, baik dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Aceh,” ungkap Ikhwan saat memberikan kata sambutan di hadapan Guru PAI.

Sementara itu, Ketua Pokjawas PAI, Marzuki mengatakan, selain mengupdate data di Akun PTK Simpatika, Guru PAI juga harus melengkapi segala Administrasi mengajar, antaranya SK pembagian tugas dari Kepala Sekolah, roster pelajaran dan administrasi terikait lainnya.

“Khususnya bagi guru PAI sertifikasi,” tegas Marzuki.

Kami akui, lanjut Marzuki, selama ini pihaknya masih belum bisa menjadi supervisi yang maksimal, pasalnya jumlah Pengawas PAI Aceh Barat masih sangat minim untuk mengawas ke seluruh sekolah di Kabupaten Aceh Barat.

“Walaupun anggota kami cuma 4 orang, namun kami terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas PAI dibumi Teuku Umar ini,” kata Marzuki.

Ia berharap kepada seluruh Guru PAI agar menguasai seluruh teknologi yang berkembang. “Kita sekarang memang dituntut untuk menguasai teknologi. Kalau tidak, kita akan ketertinggalan,” tutupnya.

Dipenghujung acara, Guru PAI yang mengikuti acara tersebut mengumpulkan sumbangan untuk Korban Gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat sebesar 2.029.000 rupiah. Dana tersebut akan disalurkan langsung melalui Kantor Kemenag Aceh Barat.[]

 

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan