Bupati Kunjungi Anjungan Kabupaten Aceh Barat

Bupati Kunjungi Anjungan Kabupaten Aceh Barat

BASAJAN.net, Banda Aceh- Bupati Aceh Barat Ramli MS, mengunjungi anjungan Kabupaten Aceh Barat di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin pada ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 Tahun 2018, Kamis 9 Agustus 2018, malam.

Setibanya di anjungan Aceh Barat, Ramli MS langsung melihat-lihat benda-benda yang dipajang di dalam anjungan, seperti pelaminan khas Aceh Barat, kerajinan tangan, lukisan, foto-foto dan benda-benda kuno bernilai sejarah lainnya. Selain itu, Bupati juga menyempatkan diri singgah di stand kuliner IPELMABAR yang berada di samping anjungan Aceh Barat. Dalam kesempatan tersebut Ramli mencoba mencicipi kopi khop khas Aceh Barat, sambil berbincang-bincang dengan sejumlah pengunjung dan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Ramli MS menitip salam kepada seluruh kontingen Aceh Barat yang telah bekerja keras mensukseskan keikutsertaan Aceh Barat dalam PKA 7. Ia berharap agar semua panitia mengutamakan dan menjaga kebersihan anjungan.

“Salam saya kepada seluruh panitia dan saya berharap kita semua dapat menjaga kebersihan anjungan kita ini,” ujar Ramli.

Anggota Bidang pameran dan dekorasi PKA 7 Aceh Barat Rahmat SP mengatakan, beberapa benda yang dipamerkan adalah benda kuno yang bernilai sejarah tinggi seperti naskah-naskah kuno, alat-alat rumah tangga, pakaian, perhiasan tempo dulu, mata uang masa kerajaan Aceh seperti Dirham, mata uang masa Belanda, Amerika dan Dinasti Ming. Juga ada keramik, pedang, rencong, pisau, lading, siwah dan meriam yang digunakan masyarakat Aceh Barat tempo dulu. Tak ketinggalan foto-foto perjuangan Teuku Umar, foto Kota Meulaboh tempo dulu serta lukisan-lukisan hasil karya seniman Aceh Barat.

“Barang-barang ini semuanya bernilai sejarah tinggi yang diperoleh dari masyarakat Aceh Barat yang usianya sudah ratusan tahun,” ungkap Rahmat.

Selama pelaksanaan PKA 7, anjungan Kabupaten Aceh Barat selalu ramai pengunjung. Setiap harinya anjungan Aceh Barat rutin menampilkan pertunjukan seni khas Aceh Barat. Selain letaknya yang strategis, berada persis di samping panggung utama pertunjukan Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin, anjungan Kabupaten Aceh Barat juga memiliki arsitektur yang indah, menggambarkan ciri khas bentuk rumah tradisional di Kabupaten Aceh Barat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung PKA7. (Rilis/ Rahmat Noer).

 

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan