Aceh Barat Salurkan Bansos Rastra

Aceh Barat Salurkan Bansos Rastra

BASAJAN.net, Meulaboh- Kabupaten Aceh Barat menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa Beras Sejahtera (Rastra), Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Bantuan Gizi kepada lansia di daerah tersebut. Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan, Bansos Rastra diperuntukkan bagi keluarga miskin, karenanya Keuchik harus menyalurkan kepada yang berhak.

“Tidak boleh dibagi rata, tidak boleh diberikan kepada aparatur gampong, orang kaya, termasuk keuchik (kepala desa),” pesan Ramli MS, pada penyerahan Bansos Rastra secara simbolis di Kantor Camat Arongan Lambalek, Sabtu 18 Agustus 2018.

Ramli mengungkapkan, pemerintah daerah juga telah menganggarkan dana Rp 3 Miliar untuk Bansos Rastra Daerah. Bantuan ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang tidak masuk dalam data rastra Kementerian Sosial. Secara khusus, Ramli mengingatkan Bulog Subdivre Meulaboh agar menjada dan meningkatkan kualitas beras yang akan disalurkan kepada masyarakat.

“Jangan sampai beras berkutu,” tegasnya.

Kadis Sosial Aceh Barat, Syarifah Junaidah dalam laporannya menyampaikan, Bansos Rastra untuk kuota Agustus akan disalurkan kepada 16.948 Kepala Keluarga di seluruh Aceh Barat. Bantuan tambahan gizi untuk tahap ini sebanyak 50 paket.

“Bantuan sosial ini disalurkan secara bertahap. Bagi masyarakat yang belum kebagian, akan diberikan pada tahap selanjutnya,” jelas Syarifah.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Aceh Barat yang juga pendamping Bansos Rastra Kementerian Sosial RI, Aduwina Pakeh mengungkapkan, Bansos Rastra kuota Agustus 2018 hampir tuntas disalurkan.

“Hanya tinggal beberapa kecamatan saja yang belum. Kita berharap, sebelum 25 Agustus 2018, semua kecamatan telah selesai melakukan penyaluran,” ungkap Aduwina.

Acara tersebut turut dihadiri Dandim 0105 Aceh Barat, Kabulog Subdivre Meulaboh, Asisten II Setdakab, Kadis Sosial, Kepala BPM, SKPK, para camat, Muspika Plus, keuchik dan aparatur gampong dalam kecamatan Arongan Lambalek, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra, KUBE dan Lansia. []

 

 

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan