Mahasiswa UIN Ar-Raniry Galakkan Minat Baca Anak Pemulung

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Galakkan Minat Baca Anak Pemulung
Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry mengajarkan membaca bagi anak-anak pemulung di Gampong Jawa Banda Aceh, Sabtu 2 Juni 2018. (Basajan.net/Istimewa)

BASAJAN.net, BANDA ACEH- Sebagai salah satu upaya untuk mendorong minat baca masyarakat, mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengadakan “Have Fun with Books in Ramadhan” bagi anak-anak pemulung di Gampong Jawa, Banda Aceh, Sabtu 2 Juni 2018.

Selain mengkampanyekan pentingnya pendidikan literasi bagi anak-anak pemulung, kegiatan hasil kerjasama Komunitas Taman Edukasi Anak pemulung Kota Banda Aceh dengan mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry tersebut, juga sebagai bentuk promosi bahan bacaan untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak dalam membaca.

“Anak-anak pemulung merupakan sekelompok anak yang patut menjadi perhatian kita dalam menumbuhkembangkan kecintaan mereka terhadap bahan bacaan, karena sepertinya selama ini mereka terlupakan,” kata Zikrayanti, dosen pengasuh mata kuliah pembinaan minat baca pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Menurut Zikra, upaya untuk mendorong minat baca bagi anak-anak dapat dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti mengkampayekan gerakan pentingnya pendidikan literasi bagi anak-anak. Selama bulan Ramadhan, setiap Sabtu dan Minggu, pihaknya melakukan berbagai kegiatan seperti Fun Reading, Workshop Pop Up Book, Workshop Flip Book, Workshop Klipping book, kids performance, storytelling dan library tour.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Zubaidah menilai, peningkatan minat baca anak perlu didorong dengan stimulasi berbagai kegiatan, sehingga mereka lebih dekat dengan buku. Terlebih, di era digital ini tantangan untuk meningkatkan minat baca semakin berat.

“Maka dari itu diperlukan upaya dan terobosan baru sebagai media pembelajaran yang lebih kreatif dan tidak membosankan, karena anak-anak zaman sekarang terlalu fokus dengan gadget mereka,” kata Zubaidah.[]

 

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan