STAIN Meulaboh Safari Ramadhan di Nagan Raya

STAIN Meulaboh Safari Ramadhan di Nagan Raya
Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr Syamsuar saat meberikan tausiyah pada safari Ramadhan di Gampong Bumi Sari, Kecamatan Beutong Bawah Kabupaten Nagan Raya, Sabtu 19 Mei 2018 malam. (Basajan.net/Foto: doc STAIN)

BASAJAN.net, MEULABOH- Untuk meningkatkan silaturahmi perguruan tinggi dengan masyarakat, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh melakukan safari Ramadhan di Kecamatan Beutong Bawah, Kabupaten Nagan Raya, Sabtu 19 Mei 2018 malam. Kegiatan rutin tahunan ini juga dimaksudkan sebagai wahana untuk membangun komunikasi pihak kampus dengan masyarakat.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Syamsuar mengatakan, safari Ramadhan merupakan ajang silaturrahmi kampus dengan masyarakat. Terlebih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang notabene kampus islam, memiliki tanggungjawab lebih dalam melakukan transformasi kesadaran ruhaniyah.

Syamsuar berharap, dengan adanya safari Ramadhan, pihak kampus dapat menelusuri dan memetakan tiap persoalan yang dihadapi umat. Terutama berkaitan dengan pemahaman keagamaan.

“Safari Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berdialog dan bersilaturahmi dengan masyarakat, sekaligus mendengarkan tiap persoalan yang ada,” ujarnya.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, sekaligus ketua pelaksana safari Ramadhan, Ade Kurniawan mengatakan, safari ramadhan dipimpin langsung Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Pihak kampus mengutus 72 civitas akademik yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan.

Keseluruhan tim dibagi dalam 17 kelompok yang dikirim ke 17 desa dalam Kecamatan Beutong Bawah. Tiap kelompok beranggotakan tiga sampai enam orang. Masing-masing kelompok diisi oleh satu imam dan satu penceramah, selebihnya sebagai pendamping.

Ade menjelaskan, desa-desa yang menjadi tujuan safari Ramadhan merupakan lokasi penempatan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Adapun desa-desa tersebut adalah Bumi Sari, Blang Baro Rambong, Krueng Cut, Blang Baro PR, Blang Seumot, Lhok Seumot, Blang Dalam, Meunasah Dayah, Ujong Blang, Blang Neuang, Pante Ara, Keude Seumot, Blang Mesjid, Kuta Jeumpa, Meunasah Pante, Blang Seunong dan Babah Krueng.

“Jadi, selain mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan juga ikut mengabdikan diri,” ujarnya.

Kedatangan tim safari Ramadhan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

“Kami sangat terharu dan berterimakasih dengan kedatangan tim safari Ramadhan STAIN Teungku Dirundeng,” ungkap Samsul Rizal, Keuchik Gampong Kuta Jeumpa.

Menurut Samsul Rizal, kehadiran pihak kampus di desanya telah memberikan efek positif bagi masyarakat dalam penanaman nilai-nilai keagamaan. “Hal ini terlihat sejak penempatan mahasiswa KPM di desa kami, kegiatan-kegiatan keagamaan semakin semarak. Semoga malam ini, dengan kehadiran guru-guru kami dari STAIN manfaat yang dirasakan masyarakat semakin bertambah,” ujarnya.

Safari Ramadhan dimulai dengan buka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah. Usai shalat isya dan tarawih, dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan tim safari Ramadhan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

 

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan