Program 5000 Doktor Kemenag Belum Capai Target

Program 5000 Doktor Kemenag Belum Capai Target
Dirjen Pendis Kementerian Agama Kamaruddin Amin (tengah) bersama Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Syamsuar (kiri). (Basajan.net/Nurul Fahmi)

BASAJAN.net, MEULABOH- Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamaruddin Amin menyatakan, dirinya kurang puas dengan program beasiswa 5000 doktor yang belum memenuhi target.

“Saya tidak puas, karena target mengirimkan 200 sampai 250 peserta program doktor ke luar negeri belum terpenuhi,” ungkap Kamaruddin, saat memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Selasa 8 Mei 2018, di aula kampus setempat.

“Mungkin target saya yang terlalu ambisius, dan tidak gampang mencari orang berkualitas, yang siap dikirim ke kampus terkemuka di luar negeri,” sambungnya Kamaruddin.

Padahal, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas terbaik di dunia. Mulai dari di Eropa, Negara Skandinavia, hingga Timur Tengah. Hal tersebut dilakukan Dirjen Pendis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Untuk perguruan tinggi dalam Negeri, kita juga sudah bekerjasama dengan semua kampus terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Kamaruddin, peran perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu dan kualitas SDM sangat besar.  Mengingat saat ini, baru sekitar 30 persen generasi muda yang mendapatkan akses pendidikan tinggi. Sedangkan 70 persen, masih sulit pendapatkan akses perguruan tinggi.[]

 

Wartawan: Mellyan

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan