Prof Din Syamsuddin: Kebhinekaaan Sebagai Anugerah Ilahi

Prof Din Syamsuddin: Kebhinekaaan Sebagai Anugerah Ilahi

Basajan.net, NTB- Ilmu pengetahuan semestinya menjadikan manusia tidak salah arah dan salah kaprah bagi hadirnya peradaban. Oleh karenanya, ilmu tidak boleh tercerabut dari adanya kuasa ketuhanan di dalamnya.

Demikian disampaikan utusan khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban, Prof Din Syamsuddin, tatkala memberikan seminar umum dihadapan 300 peserta Konferensi Nasional Sosiologi VII pada Rabu, 09 Mei 2018, bertempat di Aula Hotel Sheraton Senggigi, Nusa Tenggara Barat, Lombok.

Lebih lanjut Prof Din Syamsudin menyampaikan bahwa, selama ini munculnya tindakan manusia merusak lingkungan lebih disebabkan manusia tidak memahami posisi ilmu itu sebagai objek atau subjek.

“Kita bersyukur memiliki keilmuan berposisi sentral dalam menciptakan kehidupan damai yaitu sosiologi. Ibnu khaldun pada abad ke 13 telah menulis buku berjudul Muqaddimah, menjelaskan sosiologi menjadi kelimuan manusia selain berhubungan sesamanya dan juga membangun kehidupan bersama makhluk hidup lainnya. Lebih dikenal cara berkehidupan masyarakat Madani,” ungkap Prof Din Syamsudin.

Dalam paparannya yang semakin terperinci, terdapat satu potensi terbaik dari adanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pedoman hidup manusia Indonesia.

“Kebhinekaan adalah suatu kewajaran, alamiah dan anugerah ilahi. Kebhinekaan atau dikenal dengan kemajemukan mampu menciptakan masyarakat madani sebagaimana istilah yang telah disebutkan Ibnu Khaldun dalam karya. Apakah manusia itu siap hidup berdampingan secara damai, mengembangkan kemajemukan secara aktif dan positif,” jelas Prof Din Syamsuddin.

Pembicara lain, Prof. Marlyna Lim P.hd, Guru Besar Universitas Carleton, Kanada, membahas digitalisasi media dan kaitannya dengan sosial politik dan Prof. Dr. Mahsun, Guru Besar Universitas Mataram, membahas Sejarah dan Perkembangan Bahasa Indonesia.[]

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan