Baitul Mal Aceh Buka Pendaftaran Beasiswa Tahfiz Quran

Baitul Mal Aceh Buka Pendaftaran Beasiswa Tahfiz Quran

BASAJAN.net, BANDA ACEH- Baitul Mal Aceh membuka pendaftaran beasiswa berkelanjutan bagi siswa dan santri tahfiz Alquran tahun 2018 dari kalangan keluarga kurang mampu. Kuota beasiswa disediakan bagi 300 orang dan mereka yang memenuhi syarat akan diberikan beasiswa sebesar Rp700.000 setiap bulan selama dua tahun.

“Program ini bertujuan menumbuhkan semangat menghafal Quran di kalangan muda-mudi Aceh dan juga memberi kemudahan serta meringankan beban ekonomi orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya,” ungkap Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani di Banda Aceh, Kamis, 24 Mei 2018.

Ia menjelaskan, salah satu syarat utama calon penerima program beasiswa tersebut adalah berasal dari keluarga kurang mampu, karena dana yang diberikan bersumber dari dana zakat. Selain berasal dari keluaraga kurang mampu, calon penerima sudah bisa menghafal Alquran minimal 10 juz penuh (tidak termasuk setoran hafalan) dan tidak sedang menerima bantuan yang sama dari lembaga lain.

Zamzami mengatakan, program beasiswa tersebut diperutukkan bagi seluruh anak Aceh yang menempuh pendidikan di pesantren manapun yang memiliki kurikulum/program tahfidz Quran. Untuk program ini, Baitul Mal Aceh tahun 2018 menganggarkan dana sebesar Rp2,5 miliar. Program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan santri yang sudah dibantu sebanyak 440 peserta.

“Program ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam melahirkan dan mendukung generasi qurani demi masa depan Aceh yang lebih baik dan Islami,” katanya.

Ia menambahkan, pendaftaran dibuka sejak 24 Mei 2018 hingga 3 Juni 2018. Informasi lebih lengkap dan pengunduhan formulir pendaftaran calon peserta dapat mengunjungi situs website resmi Baitul Mal Aceh di http://baitulmal.acehprov.go.id/.

 

Sumber: Antara

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan