Alumni Perpustakaan UIN Ar-Raniry Dominasi Pustakawan Terbaik

Alumni Perpustakaan UIN Ar-Raniry Dominasi Pustakawan Terbaik
Tenaga Perpustakaan Tingkat SMA terbaik Provinsi Aceh tahun 2018. (Basajan.net/Istimewa).

BASAJAN.net, BANDA ACEH- Alumni Ilmu Perpustakaan Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, berhasil mendominasi pemilihan tenaga kependidikan terbaik Provinsi Aceh tahun 2018. Prestasi tersebut diraih berdasarkan penilaian Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi Provinsi Aceh tahun 2018 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Aceh, 6-9 Mei 2018.

Nazaruddin, salah satu dewan juri pada perlombaan tersebut, Kamis 10 Mei 2018, mengungkapkan lulusan FAH UIN Ar-Raniry mendominasi penghargaan untuk tenaga perpustakaan sekolah berprestasi tingkat SMP dan SMA. Alumni Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry tersebut adalah Fadhillah dan Miftahul Jannah yang berhasil meraih juara 1 dan 2 tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA, juara 1 diraih Isra Mulia dan Ana Yunita, yang meraih juara harapan dua.

Nazaruddin, yang juga sebagai pustakawan berprestasi Nasional asal Aceh mengatakan, kegiatan seperti ini patut diapresiasi, karena profesi pustakawan sudah setara dengan profesi lain dan menjadi integral dari kesuksesan pendidikan.

Ia berharap, Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, setelah dilakukan pemilihan perlu menyediakan program pembinaan perpustakaan dan pendampingan khusus di sekolah-sekolah, untuk menyiapkan hal-hal yang perlu sesuai kriteria lomba.

“Aspek penilaian tenaga perpustakaan sekolah berprestasi tahun 2018 meliputi, penilaian porto folio, test tulis, karya ilmiah best practice, video best practice, presentasi makalah dan wawancara,” kata Nazar.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Zubidah mengatakan, pengelola perpustakaan dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan layanan. Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang, menjadi tantangan tersendiri dalam menumbuhkan budaya literasi dan pengembangan perpustakaan ke depan.

Ia menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Aceh tersebut. Hal ini akan berimbas positif terhadap prospek karier lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan.

“Saya berharap, pustakawan di Indonesia khususnya Aceh, terpacu untuk terus berkarya secara professional,” kata Zubaidah.

 

Berikut daftar pemenang tenaga perpustakaan sekolah berprestasi provinsi Aceh tahun 2018.

Tingkat SMP

Juara I: Fadhillah, A.Md (SMPN 6 Banda Aceh)

Juara II: Miftahul Jannah, S.IP (SMPIT Al-Fityan Aceh Besar)

Juara III: Fitriani (SMP Bandar Baru, Pidie Jaya)

 

Tingkat SMA

Juara I: Isra Mulia, S.IP (SMAN Seulimum Aceh Besar)

Juara II: Siti Alpiyah, S.IP (Sukma Bangsa Bireuen)

Juara III: Suhadi, S.Pd., M.Pd (SMAN 2, Pidie)

Juara Harapan I: Muksalmina, S.IP (SMAN 1 Lhokseumawe)

Juara Harapan II: Ana Yunita, S.IP (SMAN Cot Girek Aceh Utara)

 

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan