Aceh Barat Siapkan 500 Ternak ‘Meugang’

Aceh Barat Siapkan 500 Ternak ‘Meugang’
Foto: aceh.tribunnews

BASAJAN.net, MEULABOH- Untuk mencukupi kebutuhan daging meugang menyambut puasa Ramadan 1439 Hijriah/2018 Masehi, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, menyiapkan 500 ekor sapi dan kerbau. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Aceh Barat, Said Mahjali, Senin, 14 Mei 2018 menuturkan, ternak tersebut hasil pendataan dari masyarakat atau pedagang yang siap disembelih untuk kebutuhan meugang.

“Bukan ternak Pemda, tapi milik masyarakat yang siap disembelih sebelum hari meugang,” ujar Said Mahjali.

Ia menyebutkan, penyembelihan dilakukan di rumah potong hewan dan melalui pemeriksaan untuk memastikan ternak yang disembelih aman dikonsumsi. Said Mahjali, menjelaskan, lokasi penjualan daging meugang sudah di tentukan di Jalan Daud Dariah II Pasar Bina Usaha Meulaboh. Pemerintah Aceh Barat menyediakan 250 lapak tempat penjualan daging meugang yang dilaksanakan pada Selasa, 15 Mei 2018.

Said Mahjali menuturkan, terkait harga jual daging meugang, tidak ada intervensi dari Pemda, diserahkan pada pelaku usaha. “Namun tetap diingatkan agar harga dapat dijangkau oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ia memperkirakan, harga jual daging meugang di Aceh Barat di atas Rp160.000 per kilogram. Berdasarkan hasil pendataan pihaknya, pedagang mengeluarkan modal pembelian ternak besar yang masih hidup seharga Rp150.000 per kilogram.

“Pemkab tidak bisa mengintervensi, karena itu bukan ternak pemerintah,” sebutnya.

Dalam pengumuman pelaksanaan meugang menyambut puasa Ramadan 2018, pemotongan hewan ternak direncanakan serentak pada Selasa, 15 Mei 2018. Agar pelaksanaan semarak, pedagang diimbau tidak berjualan daging di luar lokasi yang telah disediakan.[]

 

Sumber: Antara

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan