Tarik Minat Calon Siswa, MAN 1 Aceh Barat Adakan Lomba

Tarik Minat Calon Siswa, MAN 1 Aceh Barat Adakan Lomba
Sejumlah siswa MTs/SMP sederajat jumlah siswa mengikuti Biology, Physic, Mathemathic, English Competition (BIMTEC) yang diadakan MAN 1 Aceh Barat, Minggu 1 April 2018. (Basajan.net/MAN1 Aceh Barat)

BASAJAN.net, MeulabohMakin tingginya persaingan pendidikan, menuntut penyelenggara pendidikan berupaya melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat calon peserta didik. Tak terkecuali sekolah.

Seperti halnya yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat. Pihak sekolah melakukan satu terobosan yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk menarik minat calon siswa siswa baru sekolah tersebut. Untuk pertama kalinya, sekolah ini mengadakan lomba kompetensi siswa tingkat MTs./SMP.

‘’Mudah-mudahan memperoleh yang terbaik,” ungkap Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Minggu 1 April 2018.

Ia berharap, kompetisi tersebut dapat menjadi wadah pendidikan sebagai wujud pengembangan diri para siswa.

Kepala MAN 1 Aceh Barat, Cut Aswadi, mengungkapkan, jumlah siswa yang mengikuti Biology, Physic, Mathemathic, English Competition (BIMTEC) 234 siswa. Materi yang diperlombakan meliputi bidang Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika.

Aswadi menjelaskan, dari semua katagori yang dipelombakan, bidang Biologi menduduki peringkat pertama yang menarik minat peserta lomba, mencapai 102 orang peserta. Peringkat kedua bidang Bahasa Inggris dengan 53 peserta. Bidang Matematika 52 peserta dan bidang Fisika 27 peserta.

Dari tiap bidang yang diperlombakan, lanjut Aswadi, akan dipilih 20 peserta terbaik. Mereka akan diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di MAN I Aceh Barat tanpa tes.

“Setelah pelaksanaan kompetisi selesai, pemeriksaan dilakukan oleh 14 orang yang tergabung dalam tim juri,” sebutnya.

Jumlah total pemenang 80 peserta yang terbagi dalam empat kategori bidang yang diperlombakan. Pemenang tiga besar dari tiap bidang mendapatkan penghargaan berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan.

“Terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi. Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga momen ini dapat meningkatkan kemampuan serta mengasah talenta diri,” tutup Aswadi.

Sementara itu, Fachri Rozan, peserta dari MTsN 3 Aceh Barat, pemenang pertama dari bidang matematika, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Ia bahkan tak menyangka bisa memenangkan kompetisi tersebut.

“Terimakasih kepada penyelenggara, semoga acara ini dapat lebih baik lagi untuk ke depannya,” ucapnya.[]

 

Dikirim oleh: Syarifah Afra Novianty (Tim Media MAN 1 Aceh Barat)

Editor: Nurkhalis

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan