Sah! Aceh-Sumut Tuan Rumah PON 2024

Sah! Aceh-Sumut Tuan Rumah PON 2024
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf didampingi Ketua KONI Aceh, Muzakir Manaf, saat menyampaikan sambutan pada bidding atau penetapan tuan rumah PON XXI tahun 2024, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 24 April 2018. (Basajan.net/Kahar)

BASAJAN.net, Jakarta– Perjuangan Aceh dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akhirnya membuahkan hasil. Musyarawarah Olahraga Nasional Luarbiasa (Musornaslub) KONI Indonesia tahun 2018, menetapkan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Bidding atau penetapan tuan rumah PON XXI tahun 2024 ditentukan oleh peserta dari 34 provinsi se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 24 April 2018. Ada tiga calon tuan rumah yang maju, yaitu Aceh-Sumut, Bali-NTB dan Kalimantan Selatan.

Pemungutan suara yang dilakukan secara terbuka menempatkan Aceh pada posisi pertama, dengan raihan duapuluh empat suara. Sedangkan Bali-NTB dipilih oleh delapan KONI provinsi, dan Kalimantan Selatan hanya meraih dua suara.

Sebelum pemilihan berlangsung, masing-masing calon tuan memaparkan kesiapan dan potensi daerah. Dari Aceh, presentasi disampaikan langsung Gubernur Irwandi Yusuf.

“Sebelum datang ke tempat ini, saya masih terbaring di rumah sakit,” kata Irwandi sebelum menyampaikan sambutannya sembari menunjukkan tangannya yang masih berbalut perban bekas impus.

Pemerintah Aceh, kata Irwandi, sangat antusias untuk menjadi penyelenggaran pesta olahraga terbesar di Indonesia. Karena itu, bersama Sumatera Utara, Aceh mencalonkan diri dan mengupayakan berbagai hal untuk meraih kepercayaan. “Kita akan membangun sarana dan prasarana pelaksanaan PON XXI tahun 2024,” ujar Irwandi.

Irwandi menegaskan, Aceh sudah sangat siap untuk melaksanakan event berskala nasional. “Kita sudah pernah melaksanakan berbagai kegiatan berskala internasional. Karena itu, untuk pelaksanaan event nasional seperti PON, Aceh sudah sangat siap,” tekannya.

Usai pemaparan masing-masing calon tuan rumah, pleno Musornaslub dilanjutkan dengan penetapan tatacara pemilihan, pemungutan suara, dan penghitungan hasil, dan penetapan hasil penghitungan suara.

Di awal-awal penghitungan suara, masing-masing Ketua Umum KONI calon tuan rumah terlihat begitu tegang. Aceh-Sumut mendapat nomor urut tiga, sementara Kalsel dan Bali-NTB nomor satu dan dua.

Satu persatu kertas suara dihitung di hadapan saksi. Walhasil, Aceh mendapatkan kepercayaan dari 24 KONI Provinsi.

Sorak gembira mulai terlihat dari pengurus KONI Aceh-Sumut ketika raihan suara telah melebihi angka sepuluh. Ketika suara Aceh-Sumut mencapai delapan belas, baik Ketua Umum KONI Aceh maupun Sumut, ramai-ramai didatangi pimpinan KONI provinsi untuk memberikan ucapan selamat. Meski penghitungan suara masih berlangsung.

Luapan kegembiraan semakin pecah setelah semua surat suara dihitung. Ketum KONI Sumut Jhon Imady Lubis langsung sembab. Ia tak kuasa menahan air mata harunya.

“Kami akan mempersiapkan sebaik-baiknya dari sekarang,” ungkap Jhon Imady.

Ketum KONI Aceh Muzakir Manaf atau Mualem terlihat sangat bahagia. “Alhamdulillah, nasib dipihak kami hari ini,” kata Mualem usai pleno Musornablub ditutup secara resmi.

“Alhamdulillah kita mendapat 88 persen dukungan dari 34 provinsi. Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh provinsi yang mengikuti bidding. Mudah-mudahan PON 2024 akan menjadi yang terbaik dalam sejarah pelaksanaan PON,” sambung Mualem.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, menyampaikan ucapan selamat kepada Aceh-Sumut yang telah mendapatkan kepercayaan forum bidding.

“Secara bersama-sama kita telah menyaksikan bahwa yang terpilih adalah Aceh dan Sumatera Utara. Sekali lagi selamat,” ujar Tono.[]

 

Reporter: Kahar

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan