Di Bireuen Masyarakat Pilih Kadus Layaknya Pemilu

Di Bireuen Masyarakat Pilih Kadus Layaknya Pemilu

BASAJAN.net, BIREUEN- Masyarakat Desa Pante Lhong, Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, memilih Kepala Dusun (Kadus). Pemilihan ini tergolong unik, karena dilakukan secara langsung. Sama seperti halnya Pemilu.

Pesta domokrasi yang berlangsung Minggu, 15 April 2018 tersebut, seluruh masyarakat di tiap-tiap dusun. Ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya dilaksanakan pemilihan Kadus secara demokratis.

Melalui pengeras suara, panitia pemilihan Kadus mengumumkan kepada masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada tempat pemungutan suara di halaman Meunasah Gampong Pante Lhong.

Panitia pelaksana, Agustiar mengatakan, warga desa Pante Lhong yang sudah memiliki hak pilih yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau sudah menikah baik laki-laki maupun perempuan. Dibuktikan dengan KTP atau KK untuk dusun masing-masing.

“Gampong Pante Lhong memiliki empat dan setiap dusun akan menentukan satu orang untuk kepala dusun definitif,” ungkap Agustiar.

Dusun Irigasi memiliki kandidat dua orang, Dusun Tengku Dipulo tiga orang, Dusun Tengku Direhat empat orang dan Dusun Teupin Seulanga 5 orang.

Agustiar mengatakan, berdasarkan perhitungan suara yang dilakukan panitia, perolehan suara untuk Dusun Tengku Direhat dimenangkan Sanusi. Dusun Tengku Dipulo dimenangkan Zulkarnaini. Untuk Dusun Irigasi, Zulfikar dan Dusun Teupin Seulanga dimenangkan Safrizal.

Keuchik Gampong Pante Lhong, Murizal, mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan panitia pelaksana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Hak perogatif telah saya berikan kepada masyarakat untuk bersama bertanggung jawab terhadap pembangunan desa dengan peran masing-masing,” katanya.[]

 

Editor: Muliadi

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan