Siswa Al-Muslimun Dikenalkan Sistem Pendidikan Tinggi

Siswa Al-Muslimun Dikenalkan Sistem Pendidikan Tinggi
Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry Muhibbutthabry, menyerahkan cinderamata berupa kaos "Ayo Kuliah Di UIN Ar-Raniry" kepada siswa yang bisa menjawab pertanyan yang diberikannya dalam forum silaturrahim Dayah Terpadu Al-Muslimun Ke UIN Ar-Raniry, Selasa, 6 Maret 2018, di Aula Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry.

BASAJAN.net, Banda Aceh- Sebanyak 104 siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon, Aceh Utara mengunjungi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk memperkenalkan perguruan tinggi bagi siswa-siswi di dayah tersebut.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbutthabary, yang menerima langsung kunjungan para siswa tersebut, Selasa, 6 Maret 2018, di Aula Lt III Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry, menyampaikan berbagai informasi terkait perkembangan kampus dan jalur masuk ke UIN Ar-raniry. Ia mengajak para siswa untuk mendaftar malalui jalur penerimaan yang sedang berlangsung dan yang akan dibuka nantinya.

Muhibbutthabary menyebutkan, di antaranya ada lima jalur yang dibuka dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2018 ini, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) lokal UIN Ar-Raniry.

“Ke lima jalur masuk tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website atau laman resmi UIN Ar-Raniry atau masing-masing website tersebut, terkait dengan syarat dan jadwalnya telah dicantumkan pada informasi tersebut,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Muhibbutthabary juga memberikan hadiah kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, berupa baju kaos “Ayo Kuliah di UIN Ar-Raniry”.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Terpadu Al-Muslimun, Arif Rahmatillah Jakfar mengatakan, kunjungan para siswa ke UIN Ar-Raniry dalam rangka untuk memperkenalkan dunia perguruan tinggi bagi siswa-siswi, khususnya kelas III aliyah.

“Ini merupakan kegiatan tahunan Dayah Al-Muslimun, kami berharap ada kesinambungan pendidikan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi seperti UIN Ar-Raniry ini,” ujarnya.

Arif menuturkan, sebelumnya juga telah digelar pelatihan untuk pemetaan dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Beberapa narasumber yang diundang merupakan dosen dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi ikatan yang baik ke depan dalam rangka memberikan motivasi dan bimbingan dalam memilih kuliah setelah mereka selesai di bangku sekolah,” kata Ustaz Arif.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Fadhli mengatakan, UIN Ar-Raniry telah melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi tahun 2018. Program tersebut sedang dan akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan, ke seluruh Aceh.

“Kami melakukan sosialisasi ini, dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tingkat akhir pada masing-masing sekolah, dengan mengirim utusan ke kegiatan sosialisasi di UIN ini, agar nantinya mereka dapat meneruskan informasi tersebut kepada teman-temannya di sekolah,” ujarnya.

Fadhli menambahkan, program sosialisasi masuk perguruan tinggi dilakukan dengan beberapa metode, antara lain tim dari Akademik mengunjungi sekolah-sekolah yang dipilih di seluruh Aceh, ada juga perwakilan sekolah diundang ke UIN Ar-Raniry, atau sekolah-sekolah yang mengunjungi UIN akan diberi pencerahan dan kiat-kiat dalam memilih prodi dan perguruan tinggi.

“Kami juga telah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah pada sekolah-sekolah di seluruh Aceh, kami membentuk tim dan telah berjalan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi dan dilakukan disikusi dengan pihan pimpinan sekolah bersama siswanya,” katanya. []

 

Reporter: Nat Riwat

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan