Forum Warek dan Waket II Gelar FGD di Aceh

Forum Warek dan Waket II Gelar FGD di Aceh

Meulaboh – Forum Wakil Rektor dan Wakil Rektor dan Wakil Ketua II Bidang Perencanaan dan Keuangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang dilaksanakan pada 28 Februari – 3 Maret 2018 tersebut berlangsung di Hotel Muyara Aceh, Banda Aceh.

Direktur PTKI Kementerian Agama RI, Arskal Salim mengatakan, forum Wakil Rektor II Bidang Perencanaan dan Keuangan merupakan forum yang sangat dinamis di Perguruan Tinggi. Hal itu diharapkan pada kegiatan FGD untuk membahas perencanaan di perguruan tinggi harus mengimbangi.

“Artinya selain membangun fisik, ke depan juga dapat meningkatkan sumber daya manusia yang ada”, ujar Arskal pada sambutan pembukaan FDG.

Arskal menambahkan, perguruan tinggi harus berupaya untuk melahirkan minimal 6 guru besar pada tiap tahunnya. “Hal tersebut merupakan yang paling penting dalam pembangunan lembaga pendidikan,” tegasnya.

Selain itu Arskal mengingatkan kepada Forum Rektor Bidang II agar merencanakan

program untuk mendorong para dosen di PTKIN menjadi guru besar.

“Untuk para Doktor juga harus terus dipacu,” tambahnya.

Sementara itu Ketua forum Wakil Rektor II PTKIN, Zumrotul Mukaffah mengatakan, kegiatan FGD rutin dilaksanakan oleh para Wakil Rektor atau Wakil Ketua Bidang II untuk mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan regulasi maupun hal penting lainnya pada Perguruan Tinggi.

“FGD bertujuan menyamakan persepsi terhadap aturan-aturan baru baik yang dikeluarkan Menteri maupun Pemerintah secara umum,” ungkap Zumrotul.

Zumrotul menambahkan, dalam FGD juga akan membahas beberapa hal terkait dengan kondisi pada masing-masing Perguruan Tinggi. Hal tersebut akan dirumuskan untuk diusul pada Menteri.

“Selanjutnya tentang petunjuk teknis yang belum diatur secara rinci, maka dalam forum ini juga dibahas,” ujar Zumrotul yang juga Warek II Sunan Ampel.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Farid Wajidi Ibrahim sebagai tuan rumah FGD menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut di Banda Aceh. “Selamat Datang di Aceh kota serambi Mekkah dan Serambi Madinah,” ucap Farid.

Farid mengatakan, FGD yang diketuai oleh Warek II UIN Ar-Raniry, Luthfie Aunie tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Menurutnya keberhasilan akan diraih dengan sebuah perencanaan yang baik dan matang.

“Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” ujar Farid sambil mempersilahkan untuk menikmati masakan khas Aceh kepada peserta FGD.

Farid berharap, mutu pendidikan pada kampus yang berada di bawah Kementerian Agama harus terus ditingkatkan. “Saat ini perhatian Menteri Agama sangat baik untuk pembangunan pendidikan di Kampus Keagamaan, baik secara fisik maupun SDM-nya,” ungkapnya.

Farid mengajak kepada seluruh wakil rektor dan wakil ketua bidang II di lingkungan PTKIN agar memamfaatkan kesempatan ini,

“Mari kita mendukung para dosen untuk melanjutkan pendidikannya dan juga mendukung dalam melahirkan guru besar di kampus kita sebanyak-banyaknya,” tambah Farid.

 

Editor : Rahmat Trisnamal

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan