Prinsip Jurnalisme Sesuai dengan Islam

Prinsip Jurnalisme Sesuai dengan Islam
Janet Steele (kanan)

Banda Aceh- Prinsip jurnalisme pada dasarnya sesuai dengan ketentuan dan ajaran Islam, yakni kebenaran, keadilan, verifikasi dan independen.

Demikian disampaikan Janet Steele, dalam kuliah umum bertajuk Jurnalis Islam di Indonesia dan Malaysia di ruang sidang Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Kamis 21 Desember 2017.

Guru besar jurnalistik George Washington University itu, di hadapan puluhan dosen dan mahasiswa mengatakan, pada dasarnya prinsip jurnalisme di seluruh dunia sama.

“Budaya menjadi salah satu yang mempengaruhi bagaimana jurnalis itu bekerja dan berpikir,” terang Janet.

Paparan tersebut berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan pada media Indonesia dan Malaysia. Termasuk dengan para jurnalis negara tersebut, terutama dalam hal jurnalisme Islam.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Syahrizal Abbas, menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran Janet yang meluangkan waktu untuk berbagi ilmu di sela penelitiannya di Aceh.

“Ini merupakan penghargaan bagi UIN Ar-Raniry, saya berharap mahasiswa strata satu, maupun strata dua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi dan menambah wawasan,” katanya.

Syahrizal menambahkan, momen dengan Janet tersebut menjadi bahan bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuannya dan bagian dari bahan artikel nantinya.

Ketua Prodi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Abdul Rani Usmann menyebutkan, mayoritas yang mengikuti kuliah umum berasal dari prodi komunikasi.

Kehadiran Janet terlaksana setelah menjalin komunikasi antara Sri Rahmi dengan Yarmen Dinamika,

“Kami menyampaikan terima kasih kepada direktur yang telah menyambut baik kegiatan ini,” ujar Rani.[]

 

Editor: Nurkhalis & Mellyan Cutkeumala Nyakman

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan