Lulusan Sarjana Berkualitas Mampu Atasi Pengangguran

Lulusan Sarjana Berkualitas Mampu Atasi Pengangguran
Dede Rosyada. Basajan.net/Nurul Fahmi

Meulaboh– Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Dede Rosyada mengatakan, pengangguran di negeri ini bisa diatasi dengan melahirkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas tinggi. Hal itu akan terwujud, jika kerjasama antar perguruan tinggi terjalin dengan baik.

“Bukan sekedar meluluskan banyak mahasiswa, namun harus berkualitas bagus dan sesuai dengan bidangnya,” papar Dede Rosyada dalam orasi ilmiah pada wisuda keempat Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kamis, 21 Desember 2017.

Dede menjelaskan, untuk membentuk lulusan berkualitas, perguruan tinggi harus dikelola dengan pola manajerial yang bagus. Mulai dari unsur pimpinan, hingga komunikasi dosen dengan mahasiswa harus berjalan dengan baik.

“Bukan hanya memberikan tugas dan diskusi, namun juga harus disertai dengan penjelasan yang baik dan mampu memperbarui pengetahuan mahasiswa,” terangnya.

Karenanya, lanjut Dede, baik dosen maupun mahasiswa harus saling mengerti antara hak dan kewajiban masing-masing dalam proses perkuliahan.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Syamsuar mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menjadi sarjana yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan mengintegrasikan sistem perkuliahan yang berbasis teknologi informasi, walau belum sepenuhnya maksimal.

Selain itu, proses seleksi penerimaan mahasiswa baru juga mulai diperketat, sebagai upaya untuk mencari bibit unggul dan berkualitas.

“Dalam proses belajar mengajar, semua bidang ilmu harus berlandaskan Islam dan etika,” tegasnya. []

 

Editor: Rahmat Trisnamal

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan