Pemerintah Akan Bangun 481 Rumah PNS

Pemerintah Akan Bangun 481 Rumah PNS
Ilustrasi/Tribunnews.com

Meulaboh- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, akan membangun 481 unit rumah untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Barat.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia (Asprin), Jante Frans, Rabu, 8 November 2017 menuturkan, Aceh menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan untuk program pemerintah membangun sejuta rumah pro rakyat.

“Di Aceh ada 70 ribu PNS yang terverifikasi harus mendapatkan rumah dalam program ini, Aceh Barat juga menjadi perhatian,”sebut Jante.

Hal tersebut disampaikan pada acara sosialisasi dan pengisian formulir program pemerintah sejuta rumah untuk PNS, TNI – Polri, peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Aula Setdakab Aceh Barat.

Jante Frans, menambahkan, pemerintah menargetkan terbangun 1,5 juta rumah sejak tahun 2015, namun hingga kini yang baru terbangun berkisar 700.000 unit tersebar diseluruh daerah Indonesia.

Pembangunan rumah tersebut merupakan amanah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011. Dalam implementasinya, kegiatan pembangunan menemukan berbagai hambatan di lapangan dan keuangan.

“Sejak 2015 sudah berjalan, akan tetapi tersendat karena masalah perbankan dan pertanahan,”sebutnya.

Terhadap TNI – Polri, meskipun secara internal kelembagaan sudah memiliki program pembangunan rumah, namun tidak ada pembatasan bagi tentara dan polisi mendapatkan rumah tersebut.

“Apalagi sudah ada kesepakatan di tingkat atas,” tambahnya.

Bupati Aceh Barat, Ramli, MS, di sela kegiatan menuturkan, dirinya membuka ruang bagi PNS di wilayah setempat untuk mengambil rumah tersebut, terutama bagi yang belum memiliki rumah.

“Aceh Barat ini bekas tsunami, besar kemungkinan PNS belum memiliki rumah. Tapi kalau sudah ada, untuk apa lagi,” sebutnya.

Ramli, MS menyatakan, dirinya siap membantu menyelesaikan persoalan dalam kegiatan pembangunan seperti yang disampaikan, serta meminta agar pemerintah melibatkan Bank Aceh untuk mempermudah keuangan.

“Kalau Bank Aceh tidak mau bekerja sama, kita akan tarik investasi daerah dari situ,” tegasnya.

Pengembangan program sejuta rumah di Aceh Barat, akan dikerjakan 481 unit pembangunan rumah Grand Mitra Meurbo oleh PT Mitra Agung Indonesia, yang berkedudukan lokasi di Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.[]

 

Editor: Revina Rahayu

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan