Ini Tips Beli Kamera Bekas Agar Tak Tertipu

Ini Tips Beli Kamera Bekas Agar Tak Tertipu
Ini Tips Beli Kamera Bekas Agar Tak Tertipu

Basajan.net- Membeli kamera dengan kemampuan tinggi memang menjadi keinginan setiap orang yang hobi memotret. Namun karena kendala harga, pilihan membeli kamera bekas pakai pun menjadi jalan keluarnya.

Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat Anda membeli kamera bekas. Seperti yang dirangkum dari CNet di bawah ini.

Cek Shutter Count

Setiap kamera memiliki batasan umur shutter count atau jumlah pengambilan foto. Ada yang mencapai ratusan ribu ada pula yang hanya puluhan ribu saja. Menanyakan jumlah shutter count kepada penjual dapat mengetahui berapa lama Anda akan dapat menggunakannya.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksanya melalui penelusuran di website dengan mencari program pemeriksa EXIF. Gunanya ialah mengetahui telah berapa banyak foto yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Program yang bisa digunakan yakni EOSinfo, PhotoME atau mengunjungi myshuttercount.com.

Sensor
Sensor menjadi hal terpenting untuk diperiksa saat membeli kamera bekas. Memeriksa bagian ini bisa dengan mencobanya terlebih dahulu apakah hasil foto menampilkan warna yang sama secara natural. Cek foto melalui komputer kemudian periksa dengan teliti apakah ada salah satu piksel yang mati, atau terdapat noise yang kentara.

Lensa
Jika penjual menawarkan kamera lengkap dengan lensanya, maka Anda pun wajib memeriksa lensa terebut. Perhatikan setiap ujung lensa apakah terdapat goresan atau jamur yang dapat memperburuk hasil foto. Selain itu periksa pula lensa tersebut dengan cara mode manual, apakah fokusnya akurat atau tidak.

Tampilan Luar
Selain memeriksa komponen penting dalam kamera, tampilan luar pun menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Teliti apakah terdapat bekas benturan, goresan, atau noda-noda di sekitar kamera. Karena layar menjadi salah satu elemen penting, maka periksa pula kondisi layar kamera agar nyaman saat melihat hasil foto.

Kelengkapan
Terakhir, periksa kelengkapan penjualan mulai dari tali strap, kartu garansi, dan kartu petunjuk penggunaan. Hal ini penting sebab sebaiknya kamera yang dibeli masih memiliki garansi resmi untuk menghindari hal-hal yang tak terduga. Namun memang ada pula penjual yang membeli kamera yang tak bergaransi resmi. Hal itu akan kembali kepada masing-masing pembeli.[] Sumber: okezone.com

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan