Pendaftar SNMPTN 2017 Menurun

Pendaftar SNMPTN 2017 Menurun

Basajan.net- Jumlah pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2017, mengalami penurunan cukup signifikan, mencapai kisaran 19 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada 2016, jumlah pendaftar sebanyak 645.208 siswa dari 14.595 sekolah. Sedangkan tahun ini sebanyak 523.080 siswa yang berasal dari 14.790 sekolah. Jumlah tersebut hanya sekitar 59 persen dari 893.323 siswa boleh mendaftar.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) 2017, Ravik Karsidi menyatakan belum mengetahui secara persis apa penyebab terjadinya penurunan itu. Namun, dia menduga para siswa boleh mendaftar SNMPTN itu bisa jadi lebih memilih jalur SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN telah resmi dibuka Selasa 11 April 2017, dan akan belangsung sampai 5 Mei mendatang.

“Silahkan memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin,” kata Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, Jawa Tengah itu, Rabu 12 April 2017, sebagaimana diberitakan Media Indonesia.

SBMPTN, lanjut Ravik, juga bisa diikuti oleh siswa yang tidak lolos SNMPTN. Sebab, hasil verifikasi dan penilaian sudah diumumkan secara daring pada 26 April mendatang. Dengan demikian, mereka yang tidak lolos bisa langsung mendaftar SBMPTN.

SBMPTN tahun ini diikuti 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang terbagi dalam 42 panitia lokal (Panlok). Pelaksanaan ujian akan dilakukan dengan dua cara, yakni paper based test dan computer based test.

Ravik mengimbau kepada lulusan SMA, SMK, MA dan sederajat yang ingin mengikuti seleksi tersebut untuk tidak melakukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Pendaftaran oleh banyak calon peserta dalam waktu bersamaan dikhawatirkan menimbulkan gangguan pada sistem.

“Meskipun sistemnya mendukung, tetapi pasti akan terjadi sedikit hambatan karena pendaftarnya banyak dan bersamaan,” katanya.[]

Sumber: Media Indonesia

Editor: Junaidi Mulieng

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan