Guru Besar Sosiologi UNAIR Kuliah Umum di UTU

Guru Besar Sosiologi UNAIR Kuliah Umum di UTU

Meulaboh- Guru Besar Sosiologi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Prof Dr H Musta’in, memberikan kuliah umum di Aula Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kamis, 16 Maret 2017.

Kuliah umum bertema “Toleransi dan Perubahan Sosial Keagamaan Dalam Perspekstik Sosiologi Agama” tersebut, digagas Program Studi Ilmu Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UTU.

Musta’in dalam pemaparannya mengatakan, agama selalu menjadi bagian yang dimiliki oleh individual dan komunal untuk digunakan kapan pun dan dimana pun di masyarakat.

“Agama tepatnya sub sistem sosial dan budaya dalam masyarakat. Bahkan agama sebagai pedoman bagi manusia mempunyai loyalitas religi budaya dimulai lokal, nasional bahkan global,” jelasnya.

Lebih lanjut, Musta’in mengungkapkan, terkait dengan berbagai isu ketidaktoleransinya sosial keagamaan selama ini, terjadi ketika adanya perebutan terhadap sumber-sumber kehidupan. Baik ekonomi, politik, teritori, sosial, budaya dan lainya.

“Hanya dengan membudayakan pluralism (memahami perbedaan) dan koektensi (hidup berdampingan), kedua hal itu menjadikan hidup penuh toleransi,” tambahnya.

Ketua Pogram Studi Sosiologi Fisip UTU Triyanto, MA mengatakan, kuliah umum ini digelar agar memberikan materi seputar keahlian sosial keagamaan.

“Tema yang dipilih dalam kuliah umum sengaja menyesuaikan dengan kondisi kekinian seputar isu agama di tengah masyarakat kita,” tuturnya. []

Editor: Rindi Purnama Putra

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Pixel Studio16 Maret 2017 at 12:34 pmReply

    Semoga Basajan Abadi
    Terimakasih Basajan atas Informasi yang aktual dan terpecaya.

Tinggalkan Balasan